Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, January 19, 2018

Lamunan Pekan Biasa II

Sabtu, 20 Januari 2018

Markus 3:20-21

3:20 Kemudian Yesus masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makanpun mereka tidak dapat.
3:21 Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa orang disebut normal kalau dapat hidup selaras dengan tatacara atau kebiasaan umum. Dia dapat mengatur waktu kapan harus kerja, kapan harus istirahat, kapan harus ini dan itu sehingga hidupnya tak akan tersedut hanya dalam satu hal.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa orang dapat disebut normal kalau dapat mengikuti jalan pikiran umum. Pikirannya akan sambung dengan pikiran umum.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, walaupun hidupnya tercurah demi kebutuhan dan kebaikan umum sehingga tenaga dan pikiran hanya demi banyak orang, orang akan siap mendapatkan cap tidak normal bahkan gila karena apapun yang dijalankan dan diomongan selalu terjadi sebagai wujud dan ungkapan ketaatan pada amanat nurani yang dapat berbeda dan bahkan berlawanan dengan perasaan dan pemikiran umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan siap dicap tidak normal karena ketaatannya pada nurani dapat membuat hidup tidak selaras dengan kebiasaan umum.
Ah, yang normal itu ya yang dapat menyelaraskan hidup dengan kebiasaan umum.

0 comments:

Post a Comment