Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, September 23, 2019

Lamunan Pekan Biasa XXV

Selasa, 24 September 2019

Lukas 8:19-21

8:19 Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak.
8:20 Orang memberitahukan kepada-Nya: "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau."
8:21 Tetapi Ia menjawab mereka: "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada umumnya orang memahami yang namanya saudara adalah yang memiliki hubungan darah. Dari sini dapat muncul pohon silsilah.
  • Tampaknya, pada zaman kini persaudaraan juga dapat dijalin oleh orang-orang yang memiliki kesamaan kategorial. Dari sini muncul kelompok-kelompok bahkan organisasi-organisasi yang diikat misalnyaka rena adanya kesamaan minat, profesi, dan daerah asal.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun bisa erat berhubungan secara harmonis dengan orang-orang sesama silsilah bahkan dengan yang sama minat, orang belum tentu mengalami persaudaraan yang sejatinya terjadi karena ikatan hati sesama pendengar suara nurani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan biasa mendengar suara kedalaman batin sehingga mampu terbuka bersaudara dengan siapapun.
Ah, pada jaman kini yang namanya saudara adalah kakak atau adik sesama orangtua.

0 comments:

Post a Comment