Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, September 26, 2019

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Vinsensius a Paulo, Imam
Jumat, 27 September 2019

Lukas 9:18-22

9:18. Pada suatu kali ketika Yesus berdoa seorang diri, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Ia bertanya kepada mereka: "Kata orang banyak, siapakah Aku ini?"
9:19 Jawab mereka: "Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit."
9:20 Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah."
9:21 Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun.
9:22 Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada yang berpikiran bahwa untuk memiliki integritas orang harus yakin dengan dirinya. Kepercayaan diri amat penting untuk menjadi pribadi yang mantap.
  • Tampaknya, ada yang berpikiran bahwa sebagai pribadi integral orang harus punya prinsip kuat. Dia tak boleh terlalu memikirkan komentar-komentar omongan orang lain terhadap dirinya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun memiliki prinsip kuat dan pribadi integral, untuk maju dan berkembang dalam langkah hidup orang harus selalu peka terhadap penilaian-penilaian orang lain terhadap dirinya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati keagungan seseorang selalu juga dilandasi oleh sikap yang mau selalu introspeksi diri.
Ah, kalau komtentar-komentar orang diperhatikan, itu mengganggu saja untuk maju dan berkembang.

0 comments:

Post a Comment