Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, September 25, 2019

Rm. Suntoro Masuk Domus


Pada hari Selasa 17 September 2019 sepulang dari Jagongan Iman kelompok lansia Pringgolayan, Rm. Bambang menemukan pesan WA dari Rm. Sapto Nugroho yang ditulis pada jam 18.18 "Siang kala wau kula dipun wa bp Uskup. Dipun dhawuhi nyawisaken kamar kagem rm Suntoro. Rm Suntoro kondur saking rumah sakit lajeng lenggah ing Domus. Sonten kala wau kula sampun nyuwun tulung mas falah lan mas ardi kangge nyawisaken. Anggenipun kondur saking rmh sakit dereng wonten kepastian" (Tadi siang saya mendapatkan WA dari Bapak Uskup. Beliau meminta menyiapkan kamar untuk Rm. Suntoro. Rm. Suntoro sepulang dari rumah sakit akan tinggal di Domus Pacis. Tadi sore saya sudah minta tolong Mas Falah dan Mas Ardi untuk menyiapkan. Kapan pulang dari rumah sakit, belum ada kepastian).

Pada Senin 23 September 2019 memang ada berita bahwa Rm. Suntara akan masuk Domus Pacis pada Selasa berikutnya di pagi hari. Kamar pun langsung dibersihkan secara khusus, karena beliau membutuhkan tempat yang sungguh bersih. Beberapa alat akan menyertai. Ternyata pada Selasa pagi Mas Falah dipanggil oleh Sr. Lusi dari RS Panti Rapih untuk dilatih menyedot dahak dengan alat khusus. Tabung besar berisi oxigen pun sudah datang dari Panti Rapih. Tetapi hari itu Rm. Suntara masih ditahan di Panti Rapih. Pemindahan ke Domus Pacis menanti Mas Falah sungguh trampil dalam menyedot dahak. Di Domus kasur yang disiapkan untuk Rm. Suntara adalah kasur air karena beliau ternyata juga mengalami luka besar di bagian belakang tubuh akibat terus berbaring. Ketika para rama sedang makan pagi pada Rabu 25 September 2019, Mas Falah berpamitan kepada Rm. Bambang untuk ke Panti Rapih. "Isih latihan , ya?" (Masih harus berlatih, ya?) tanya Rm. Bambang yang dijawab oleh Mas Falah dengan anggukan disertai kata "Inggih" (Ya). Ternyata pagi ini, Rabu 25 September 2019, sekitar jam 10.30 Rm. Suntara sudah diantar oleh perawat RS Panti Rapih, Rm. Ariawan (Pastor Paroki Pringgolayan), dan beberapa tokoh Paroki Pringgolayan.

0 comments:

Post a Comment