Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, September 29, 2019

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Hieronimus, Imam dan Pujangga Gereja
Senin, 30 September 2019

Lukas 9:46-50

9:46 Maka timbullah pertengkaran di antara murid-murid Yesus tentang siapakah yang terbesar di antara mereka.
9:47 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka. Karena itu Ia mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di samping-Nya,
9:48 dan berkata kepada mereka: "Barangsiapa menyambut anak ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku; dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia, yang mengutus Aku. Karena yang terkecil di antara kamu sekalian, dialah yang terbesar."
9:49 Yohanes berkata: "Guru, kami lihat seorang mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita."
9:50 Yesus berkata kepadanya: "Jangan kamu cegah, sebab barangsiapa tidak melawan kamu, ia ada di pihak kamu."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sudah wajar kalau dalam hidup bersama ada status-status sesuai dengan fungsinya. Apalagi dalam hidup bernegara dan bermasyarakat, orang dapat menyaksikan adanya jabatan-jabatan dalam jenjang-jenjang struktural.
  • Tampaknya, wajar pula kalau ada sosok-sosok potensial yang ingin menduduki jabatan-jabatan tertentu. Untuk jabatan-jabatan tinggi kenegaraan orang dapat mengalaminya dalam pemilihan umum.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun wajar muncul banyak orang menginginkan kedudukan tinggi dalam kehidupan bersama, kalau masing-masing dikuasai oleh nafsu berkuasa itu justru berada di luar kewajaran karena dapat muncul permusuhan yang justru merusak kebersamaan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menyadari bahwa kedudukan dalam hidup bersama adalah kesempatan khusus untuk ambilbagian membangun dan mengembangkan hidup bersama.
Ah, bagaimanapun juga dengan kedudukannya orang mendapatkan kekuasaan.

0 comments:

Post a Comment