Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, June 23, 2018

Allah Menjaga Kehidupan Dalam Setiap Kelahiran


Minggu, 24 Juni 2018
HR Kelahiran St. Yohanes Pembaptis
Lukas 1:57-66.80

Adalah sebuah kebenaran dan semestinya seperti itu bahwa kelahiran bayi baru selalu menjadi sumber sukacita sepanjang zaman. Kelahiran bayi adalah cara Tuhan untuk mengatakan dunia harus terus berjalan dengan hadirnya kehidupan baru, generasi baru. Setiap anak baru mencerminkan sisi keindahan dan misteri Tuhan yang tak terbatas. Mereka mengajarkan kepada kita kesabaran dan sikap tidak mementingkan diri. Bahkan anak-anak kecil membantu kita bertumbuh dalam kekudusan. Dalam kesederhanaan mereka, mereka menunjukkan kepada kita untuk tetap hidup murni. Mereka bahkan tidak harus menjadi anak-anak kita; kita dapat merasakan kewajiban untuk membantu semua anak sejak hidup mereka memperkaya kita semua. 

Hari ini Liturgi Gereja Katolik merayakan kenangan Hari Raya Kelahiran St. Yohanes Pembaptis. Nama mendefinisikan identitas seseorang. Bagi Elizabeth dan Zakharia, memberi nama putranya, Yohanes, adalah signifikan. Itu menunjukkan pengakuannya atas rencana besar Allah bagi anak itu. Yohanes berada dalam perawatan khusus Yang Maha Kuasa sejak awal dalam kandungan ibunya. Perayaan ini hendak menegaskan pula bahwa bahkan hari ini pun, setiap anak dikasihi oleh Allah dan memiliki takdir dalam rencana Bapa surgawi. Masing-masing memiliki panggilan di Gereja. 

Apakah dan bagaimana saya menghargai peran yang dimiliki anak kecil dalam rencana Tuhan? Apakah saya menghormati martabat mereka? Atau apakah saya mencoba memaksakan prasangka saya pada mereka? Bagaimana saya ingin mereka mengingat contoh yang saya berikan?

St. Yohanes, St. Elizabeth dan Bapa Zakharia, doakanlah kami, kini dan selamanya. Amin.

JoharT Wurlirang, 24/6/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan;
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang;
Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang.

0 comments:

Post a Comment