Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, June 14, 2018

Lamunan Pekan Biasa X

Jumat, 15 Juni 2018

Matius 5:27-32

5:27. Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.
5:28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.
5:29 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.
5:30 Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.
5:31 Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya.
5:32 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, secara umum pezinahan adalah hal yang dipandang buruk. Tata hukum agama memandang sebagai dosa dan tata hukum negara memandang sebagai kejahatan.
  • Tampaknya, pada umumnya pezinahan dihubungkan dengan hubungan seksual yang tak teratur. Dalam pezinahan orang berhubungan seksual dengan orang lain yang bukan suami atau istrinya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun hanya menginginkan dan tak sampai melakukan hubungan seks, orang sudah melanggar larangan berzinah karena kesejatian zinah adalah sikap tak menghormati kesamaan martabat manusia sehingga memandang jenis lain sebagai pemuas nafsu. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menyadari bahwa seksualitas bukan hanya terbatas pada soal alat kelamin tetapi menyangkut keseluruhan raga dan jiwa seseorang.
Ah, kalau sama-sama mau artinya cinta.

0 comments:

Post a Comment