Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, December 13, 2017

Kepo?: Sebuah Sharing


Saya sudah masuk golongan usia lanjut. Di dalam lebih dari 90% kehidupan, keseharian saya lebih berada di dalam kamar sendirian. Sambung hati saya didominasi dengan kaum lansia. Kehidupan kaum muda, remaja, dan anak, yang kerap disebut sebagai generasi milenial, paling saya ketemukan dari menonton TV. Jujur saja, dari banyak omongan mereka, misalnya dalam sinetron-sinetron, saya kerap menjumpai banyak kata yang tidak saya pahami. Kata-kata dan atau istilah, yang bagi saya aneh, juga banyak saya jumpai dalam omongan-omongan dalam FB. Padahal dengan satu kata aneh yang muncul dalam omongan masa kini, hal ini dapat membuat saya bingung akan keseluruhan yang diomongkan.

Untung saja, di usia 62 tahun saya dilatih berinternetan oleh Rm. Agoeng yang berusia 20 tahun 9 bulan lebih muda dari pada saya. Sekalipun tertatih-tatih, saya makin lama makin kenal dan dapat menggunakan alat komunikasi digital. Walau tidak sehebat anak-anak JAMAN NOW, saya juga dapat mengoperasionalkan laptop tidak sekedar seperti mesin ketik jaman dulu. Di sini saya sering mendengar kelakar kaum muda yang berkata "Tanya aja Mbah Google"bila ada temannya yang bingung terhadap beberapa hal. Mendengar kata "Mbah Google", saya mendapatkan penjelasan bahwa itu berkaitan dengan internet. Dari sini saya kemudian mencoba mengetik kata dan atau istilah tertentu dalam internet, ternyata di situ muncul berbagai tulisan yang memberikan penjelasan. Maka sekalipun, tak ada orang lain yang menjadi tempat bertanya, kini sebagai lansia saya juga dapat mencoba memahami perkembangan kosa kata JAMAN NOW. Semua dapat saya tanyakan padha "Mbah Google" (Kakek/Nenek dari tingkat generasi berapapun dan manapun? Ha ha ha). 

Sebagai contoh, akhir-akhir ini saya kerap berpikir "Apakah KEPO itu?" Eeee, ketika saya ketik kata "kepo" dalam internet, ada salah satu penjelasan sebagaimana tertera di bawah ini.
_________________________________________________________________

Kepo Itu Apa Sih Artinya? Nih Cek Arti Kata Kepo ya....?? (Diambil dari https://www.kompasiana.com/hazzahrvaulin 24 Agustus 2014   23:40 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:40)
Kalimat ini dengan sengaja saya postingkan untuk anda yang suka menggunakan istilah "KEPO" dalam kehidupan sehari-hari..ya...padahal tidak tau apa itu arti yang sebenarnya...hehehe

nah, Arti Kata Kepo tuh sebenarnya kalau dilihat-lihat atau dicari ada banyak artiannya, karna itu berupa singkatan.

yook..Ini mari kita cek sama-sama:

  • KEPO adalah akronim dari Knowing Every Particular Object yang artinya sebutan untuk orang yang serba ingin tahu dari detail sesuatu baik yang kalau ada yang terlintas dibenaknya dia tanya terus. Hal-hal sepele ditanyain, serba ingin tau, pengen tau urusan orang lain dan sebagainya.

atau lainnya....

  • KEPO adalah kata bahasa hokkien tionghoa medan/tionghoa sumatera yg sering digunakan untuk memarahi, mengejek orang karna kurang kerjaan(jadi mengerjakan kerjaan yg bukan kerjaannya),sibuk tak menentu.
  • contoh: ane kepo e lu artinya kurang kerjaan kali lah kau
  • Berasal dari bahasa hokkian.
    Ke = Bertanya, Po (Apo) = Nenek2. Jadi artinya nenek2 yg suka bertanya2. Pingin tau banget gitu.. hehehe
    contoh:
    A : km lagi dimana? ngapain? sama siapa?
    B : kepo banget sihh...

    A: eh pacar lu skrg siapa? rumahnya dimana? cakep gak? kenalin donk?
    B: kepo aje lu nanya-nanya (-_-")
  • Ada lainnya, kata KEPO berasal dari dua kata bahasa inggris menunjukkan "Care Full" artinya "Peduli banget". Kata 'Care Full' ini mengalami transformasi.
    Care Full -> Ker Pol -> Kepo.
  • Ini lagi salah satunya singkatan dari kek pembokat (kayak pembantu), banyak nanya...disuruh ngerjain banyak tanya, ga tanggap.
    a : eh kita hang out yuk besok!
    b : kemana? enanknya ngapain y? menurut lo butuh dana berapa y?
    si b kepo
  • KEPO juga bisa Kea Polisi (kayak polisi) / Kelakuan Polisi (Seperti tugas polisi-polisi pada umumnya selalu bertanya-tanya kayak wartawan kalo misal kita lagi terlibat masalah sama polisi tersebut.)

Jadi kesimpulan dari ciri-ciri orang KEPO:
-serba ingin tahu
-kadang sok tahu
-mempunyai mata yang sangat amat jeli dan tajam

Gimana?? sudah tau jawabnnya?? semoga saja tulisan sederhana ini bermanfaat ya..
_____________________________________________________________________________

MAKA, SEKALIPUN SUDAH JADUL KARENA KELANSIAAN, WALAU MUNGKIN TERTATIH-TATIH, LATIHAN INTERNETAN UNTUK SELF-STUDY ADALAH AMAT BERMAKNA, LEBIH-LEBIH KALAU SUDAH KURANG DIHAMPIRI BANYAK ORANG APALAGI KAUM MUDA. 

Puren, 14 Desember 2017
Bambang D

0 comments:

Post a Comment