Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, December 1, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXXIV

Sabtu, 2 Desember 2017

Lukas 21:34-36

21:34 "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.
21:35 Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.
21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, di dalam khasanah Jawa ada istilah jaman edan, yaitu masa kacau dimana banyak orang hanya berebut untuk memenuhi nafsu diri dan atau kelompok. Di situ ada yang menafsir bahwa sebenarnya setiap masa selalu ada jaman edan-nya sendiri.
  • Katanya, di tengah-tengah jaman edan orang sungguh akan mendapatkan kebahagiaan kalau selalu eling lan waspada (sadar penuh kewaspadaan). Dalam hal ini ada orang-orang yang mengatakan bahwa hal itu membuktikan amat pentingnya ketekunan memprioritaskan hidup keagamaan dengan disiplin menjalani saat-saat berdoa dan beribadat bahkan memperdalam ajaran-ajaran agama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sedisiplin apapun orang menjalani agama untuk menghadapi situasi gila yang ada di tengah masyarakat, hal itu tidak menjamin seseorang untuk selalu sadar dan waspada dalam menjaga diri kalau dalam kesibukan hidup sehari-hari tidak dijalani dengan sikap komitmen sambil kadang-kadang omong dengan yang ilahi dalam relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu menyertakan doa batin singkat dan spontan di tengah menjalani hidup hariannya.
Ah, doa harus tertata secara benar dan tak boleh sembarangan ucap.

0 comments:

Post a Comment