Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, December 6, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja
Kamis, 7 Desember 2017

Matius 7:21.24-27

7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:24 "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.
7:25 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.
7:26 Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir.
7:27 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada pandangan bahwa orang yang sungguh baik akan mampu menemukan jalan keluar untuk setiap persoalan. Dia akan tertuntun untuk bebas dari segala bahaya.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa seenak apapun hidup orang yang sungguh buruk, dia akan mengalami keterpurukan hidup. Keburukannya menjadi liang besar yang akan memerosokkan hidupnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, entah berperilaku baik atau buruk dan kudus atau busuk, setiap orang dapat mengalami kesamaan tantangan dan ancaman bahkan nasib yang sama buruknya, tetapi yang membedakan adalah keteguhan orang yang baik karena selalu setia menjalani yang disuarakan dalam relung nurani yang membuatnya tegar tak cari-cari kambing hitam. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tetap menjalani prinsip baiknya sekalipun berhadapan dengan segala tantangan dan ancaman.
Ah, kalau ada ancaman ya cari cara agar tidak menderita.

0 comments:

Post a Comment