Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, December 31, 2017

Nasihat Relasi Anak dan Bapak


Minggu, 31 Desember 2017
Pesta Keluarga Kudus Nazareth: Yesus, Maria dan Yosef
Refleksi harianku ku dalam doa betdasarkan Sirakh 3:2-6,12-14

Tuhan Yesus Kristus, bacaan pertama hari ini dari Kitab Putra Sirakh 3:2-6,12-14 menyentuh hatiku. Dikatakan, "memang Tuhan telah memuliakan bapa pada anak-anaknya, dan hak ibu atas para anaknya diteguhkan-Nya. Barangsiapa menghormati bapanya memulihkan dosa, dan siapa memuliakan ibunya serupa dengan orang yang mengumpulkan harta. Barangsiapa menghormati bapanya, ia sendiri akan mendapat kesukaan pada anak-anaknya pula, dan apabila bersembahyang, niscaya doanya dikabulkan. Barangsiapa memuliakan bapanya akan panjang umurnya, dan orang yang taat kepada Tuhan menenangkan ibunya. Anakku, tolonglah bapamu pada masa tuanya, jangan menyakiti hatinya di masa hidupnya. Pun pula kalau akalnya sudah berkurang hendaklah kaumaafkan, jangan menistakannya sewaktu engkau masih berdaya. Kebaikan yang ditunjukkan kepada bapa tidak sampai terlupa, melainkan dibilang sebagai pemulihan segala dosamu."

Nasihat yang diangkat GerejaMu sebagai bagian dari FirmanMu sendiri dalam Kitab Suci hari membuncahkan syukur dalam hatiku. Dalam liburan Natal 2017 ini, aku boleh leluasa dan mengalami perjumpaan dan kebersamaan dengan ayahku yang mendekati usia 75 tahun. Ibu sudah Kau jemput pulang ke rumah Bapa di surga. Ayah bersama adik bungsuku di rumah. 

Menjelang Natal tahun lalu, 2016, ayahku menerima anugerah sakit. Dalam waktu berdekatan, ayah harus menjalani operasi hernia dan prostat. Bahkan untuk operasi prostat harus dijalani sampai tiga kali. Saat itu, kami hampir putus asa. Namun, Engkau menolong kami melalui Dokter Benny dan RS Keluarga Sehat di Pati, menyelamatkan ayah dari keadaannya. 

Sebagai imamMu, saya hanya bisa berdoa dan mengurapkan Sakramen Minyak Suci kala itu. Dan karena keadaannya menjadi lebih buruk, hingga harus menjalani prostat beberapa kali operasi lagi, maka ayah pun meminta pengurapan suci lagi. Syukur kepada Allah, saat itu Romo Bagus SJ yang bertugas di Baturetno berkenan memberikan pelayanan mengurapkan Sakramen Minyak Suci kepada ayah di rumah. Hatiku pun tenang. Waktu itu, libur Natalku hanya sebentar, sehari semalam saja.

Kini, tahun 2017 ini, di libur Natalku, hampir seminggu aku bisa bersama ayahku. Kami mengobrol, sharing, jajan di warung, kontrol tensi bersama di balai kesehatan, berdoa bersama dan masih banyak hal lain kami lakukan. Ayahku lebih sehat dari tahun lalu. Syukur kepada Allah. Itulah sebabnya, nasihat dan FirmanMu dalam bacaan pertama hari ini sangat menyentuh hatiku.

Aku juga mohon ampun, sebab dalam perjalanan mau Natalan di Kabupaten Wonogiri, 28 Desember yang lalu, aku mengalami hal tidak enak dengan ayahku. Masalahnya, aku ngebut saat menyetir mobil, karena mengejar waktu tempuh dari desa ke Pendopo Kabupaten Wonigiri. Waktu 1 jam yang tersedia ternyata tidak cukup. Padahal saya sudah ngebut. Nah saat ngebut itulah, ayah yang duduk di sampingku memberi kode dengan desis-desis dari bibir dan lidahnya yang terdengar seperti bunyi rem angin itu. Saya pun matur kepada ayah saya, "Bapak ndak usah beri tanda itu ya... Maaf, konsentrasi saya malah terganggu..."

Mendengar itu, ayah saya langsung diam lalu memejamkan mata dan tidur. Entah tidur beneran, entah tidur-tiduran. Di sini, saat saya membaca bacaan pertama hari ini, saya merasa bersalah. Ampunilah aku. Berkatilah ayahku dan adik-adikku.

Terima kasih Tuhan atas keluarga kami. Berkatilah keluarga-keluarga di mana pun berada, agar meneladan keluargaMu yang kudus di Nazareth: Engkau bersama Ibu Maria dan Santo Yosef. Kuduskanlah keluarga-keluarga seperti keluargaMu, kini dan selamanya. Amin.

Selamat Pesta Keluarga bersama Keluarga Kudus Nazareth, 31 Desember 2017.

Pastoran Johar Wurlirang, 31/12/2017

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan;
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang;
Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang.

0 comments:

Post a Comment