Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, December 31, 2017

Lamunan Hari Raya

Santa Maria Bunda Allah
Hari Perdamaian Sedunia
Senin, 1 Januari 2018

Lukas 2:16-21

2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.
2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.
2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.
2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.
2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.
2:21. Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang yang dapat menjadi tokoh di tengah masyarakat adalah yang masuk dalam jajaran orang-orang penting. Orang-orang penting ini berada dalam golongan sosial terpandang karena statusnya dalam struktur masyarakat.
  • Tampaknya, orang-orang umum yang tak memiliki status sosial tak akan masuk dalam golongan orang penting. Mereka tak memiliki pengaruh apapun dalam kehidupan masyarakat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun di dalam adat dan struktur sosial tidak masuk golongan yang dapat berperan apapun, kalau biasa mengolah segala peristiwa yang dihadapi menjadi dialog batin dengan relung hati orang akan menjadi sosok yang melahirkan lingkungan yang memiliki keluhuran hidup. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang biasa olah batin sehingga dapat ikut mengejawantahkan aura Tuhan di tengah dunia.
Ah, mana bisa orang biasa punya peran sosial?

0 comments:

Post a Comment