Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, August 9, 2019

Lamunan Pesta

Santo Laurensius, Diakon dan Martir
Sabtu, 10 Agustus 2019

Yohanes 12:24-26

12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.
12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.
12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, kematian adalah realitas kemanusiaan. Tidak ada orang yang tak akan mati.
  • Katanya, untuk dijauhkan dari kematian orang menjaga diri untuk hati-hati agar tak menderita kecelakaan. Menjaga kesehatan juga menjadi jalan agar tidak jatuh dalam kematian.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun harus berhati-hati dalam hidup dengan menjaga kesehatan agar jauh dari kematian, orang tetap menyadari bahwa kesejatian kematian bukanlah peristiwa hilang dari peredaran hidup tetap justru menjadi pemerkaya kehidupan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari bahwa hidup dengan segala pertumbuhan dan perkembangannya adalah bagaikan butir tanaman yang harus disemai oleh generasi berikut dalam meraih kesejahteraannya.
Ah, orang harus berjuang meraih usia sepanjang-panjangnya.

0 comments:

Post a Comment