Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, July 3, 2013

Lamunan Pekan Biasa XIII

Kamis, 5 Juli 2013

Matius 9:1-8

9:1 Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri.
9:2 Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni."
9:3 Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: "Ia menghujat Allah."
9:4 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: "Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu?
9:5 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah?
9:6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --: "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"
9:7 Dan orang itu pun bangun lalu pulang.
9:8 Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sebenarnya setiap orang memiliki tidak hanya satu kemampuan yang dalam agama disebut karunia atau talenta ilahi. Sekecil apapun kemampuan itu kalau diperdalam dan dikembangkan akan membuat orang disebut ahli dan dikagumi oleh banyak orang.
  • Tampaknya, sesuai dengan kadar keahliannya orang dapat terkenal entah di lingkup lokal entah di lingkup regional atau nasional bahkan internasional. Seorang ahli akan melakukan dan atau membicarakan keahliannya dengan mudah padahal orang-orang lain amat sulit bahkan tak dapat melakukannya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa ada karunia ilahi yang dimiliki oleh semua orang, yaitu kemampuan untuk terbuka menerima orang lain dengan segala hal yang tak menyenangkan bahkan mengecewakan dan memuakkan. Banyak orang menganganggap kemampuan seperti itu, yang dalam agama disebut pengampunan, mudah dijalankan tidak seperti keahlian, padahal kalau tak hidup dalam yang ilahi itu adalah yang amat sangat sulit dikerjakan.
Ah, mengampuni kok sulit. Itu kan hanya bilang "kamu kuampuni".

0 comments:

Post a Comment