Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, July 19, 2013

Lamunan Pekan Biasa XV

Sabtu, 20 Juli 2013
Matius 12:14-21

Bacaan Injil Mat. 12:14-21

14 Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia. 15 Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. (12-15b) Banyak orang mengikuti Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya. 16 Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia, 17 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: 18 "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa. 19 Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mendengar suara-Nya di jalan-jalan. 20 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskan-Nya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkan-Nya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang.
Mat 12:21Dan pada-Nyalah bangsa-bangsa akan berharap."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, untuk menjadi tokoh di tengah masyarakat seseorang harus populer dan memiliki amat banyak pengikut di tengah masyarakat sehingga dia dapat masuk dalam jajaran para pemimpin rakyat. Dia juga harus siap berhadap-hadapan dengan golongan yang bertentangan.
  • Tampaknya, seorang tokoh dan atau pemimpin masyarakat harus siap selalu tampil beradu argumen dan berdebat melawan para pesaingnya untuk membuktikan bahwa dialah yang dapat memberikan pelayanan demi kebaikan umum. Dia juga memilih orang-orang kuat dan berkemampuan untuk mencari dan mempertahankan dukungan umum.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa dalam yang ilahi popularitas tokoh sejati yang sungguh menjadi harapan orang-orang lain justru tidak datang dari banyaknya tampil dan omongan serta kemampuan berbantah di muka umum. Dia menghayati diri sebagai sahabat ilahi sehingga di hadapan umum membawa perjuangan tatanan yang membuat banyak orang berdaya, berkembang dan ambilbagian dalam kebaikan bersama sehingga kaum tak bersemangat pun bergerak dan kaum lemah menemukan kekuatannya.
Mau jadi tokoh kok malah banyak diam. Siapa akan memilih?

0 comments:

Post a Comment