Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, July 15, 2013

Lamunan Pekan Biasa XV

Selasa, 16 Juli 2013

Matius 11:20-24

11:20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:
11:21 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.
11:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
11:23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.
11:24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, bila mendapat pemberian-pemberian di luar dugaan, orang akan sangat bergembira. Apalagi kalau pemberian itu berkaitan dengan berbagai derita yang membuat orang sudah tidak bisa mengharapkan, sehingga dalam hidup keagamaan disebut mukjizat, kegembiraan orang dapat amat sangat meluap-luap.
  • Tampaknya, peristiwa mukjizat yang terjadi berkali-kali dapat menjadi berita besar yang tersebar kesana kemari sehingga tempat atau wilayah terjadinya menjadi terkenal. Orang pun dapat memasyhurkan tokoh yang membuat mukjizat-mukjizat itu bahkan mengidolakan atau mendewakan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kalau semua peristiwa mukjizat seajaib apapun tidak membuat orang makin dekat berkiblat pada yang ilahi dan terbuka gaul dengan siapa pun tanpa sekat, semuanya sia-sia tak bermakna. Kegembiraan meluap dan pemujaan pada pembuatnya hanya menjadi pupuk kejahatan yang melebihan kejahatan lain yang amat besar yang akhirnya membawa orang menjadi amat celaka sekali.
Ini gimana? Gembira bangga karena mengalami keajaiban kok malah dicela.

0 comments:

Post a Comment