Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, July 28, 2013

Sabda Hidup

Senin, 29 Juli 2013
Santa Marta
Warna Liturgi Putih
Bacaan
Kel. 32:15-24,30-34; Mzm. 106:19-20,21-22,23; Mat. 13:31-35

Bacaan Injil Mat. 13:31-35
31Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya. 32 Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya." 33 Dan Ia menceriterakan perumpamaan ini juga kepada mereka: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya." 34 Semuanya itu disampaikan Yesus kepada orang banyak dalam perumpamaan, dan tanpa perumpamaan suatupun tidak disampaikan-Nya kepada mereka, 35 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: "Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi sejak dunia dijadikan."

Renungan
Ada seorang ibu prihatin pada kesehatan anak-anak di desanya. Mereka mudah sekali terserang penyakit perut. Awalnya dia menduga penyebab semua itu adalah makanan. Namun ternyata mereka yang dapat makanan bagus pun tetap mudah terkena sakit perut. Anaknya lebih tahan dari yang lainnya. Ia melanjutkan pengamatannya. Ternyata anak-anak itu jarang mencuci tangan kala mau makan. Selesai bermain mereka langsung memegang makanan dan makan dengan posisi tangan tidak bersih. Berbeda dengan anaknya yang sudah terbiasa mencuci tangan sebelum makan. Ia pun mensosialisasikan gerakan mencuci tangan pada anak-anak. Sekalipun awalnya tidak mudah, lama kelamaan mereka terbiasa melakukan itu. Serangan sakit perut pada anak pun makin menghilang.
Gerakan yang dibuat ibu tadi sangat sederhana, mungkin bagi kebanyakan orang dianggap remeh atau kecil. Namun gerakan itu mampu mengubah masyarakat dan mereka pun merasakan hasilnya. Rasaku inilah gerakan Kerajaan Allah. Gerakan itu sekalipun kecil namun mempunyai daya ubah yang luar biasa seperti ragi dan memberikan perlindungan dan damai sejahtera seperti biji sesawi.

Kontemplasi
Carilah tempat nyaman. Pejamkan mata. Hadirlah pada dirimu sendiri. Temukan hal-hal yang tampaknya kecil dan remeh dalam dirimu yang mempunyai daya ubah menuju pada kebaikan dan kesejahteraan.

Refleksi
Hal kecil apa yang kautekuni dan mengubah hidupmu dan masyarakat di sekitarmu?

Doa
Tuhan, semoga aku tidak mudah meremehkan hal-hal yang tampaknya kecil. Semoga aku peka menemukannya untuk menyumbang perubahan masyarakat sampai selaras dengan Kerajaan-Mu. Amin.

Perutusan
Aku akan menekuni apa yang bisa membawa masyarakat pada kebaikan walau tampaknya kecil dan remeh.

0 comments:

Post a Comment