Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, April 9, 2018

Lamunan Pekan Paskah II

Selasa, 10 April 2018

Yohanes 3:7-15

3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.
3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh."
3:9 Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?"
3:10 Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu?
3:11 Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami.
3:12 Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi?
3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.
3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,
3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang yang normal yakin bahwa kelahiran manusia itu hanya satu kali. Oleh karena itu ada hari lahir untuk setiap orang.
  • Tampaknya, memang ada beberapa dokumen untuk satu orang yang menyatakan tanggal lahirnya berbeda-beda. Itu dapat terkadi karena kesalahan administratif atau terjadi pada orang tradisional yang tak begitu memperhatikan kebenaran administratif sehingga dapat mengubahnya misalnya untuk memudakan atau menuakan usia.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, orang sadar akan jati kemanusiaan yang tak hanya ragawi tetapi juga jiwani sehingga kelahiran sejatinya juga merupakan kesiagaan sikap jiwa selalu lahir kembali dan kembali dalam kesetiaan pada nurani sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang selalu siap selalu baru dan diperbarui.
Ah, kalau kelahiran adalah kebaruan, apakah dalam setahun ada beberapa hari lahir?

0 comments:

Post a Comment