Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, April 5, 2018

Masih di Atas 300 Orang


Ini tentang Novena Ekaristi Seminar, program Domus Pacis, yang akan terjadi pada Minggu 8 April 2018. Sebenarnya acara Novena Domus selalu diselenggarakan setiap Minggu Pertama dari Maret hingga November sejak tahun 2013. Tetapi untuk April 2018 hari Minggu Pertama adalah Hari Raya Paskah. Inilah yang membuat penyelenggaraan April 2018 diundur menjadi Minggu Kedua. Pada Minggu ini yang akan hadir sebagai pembicara adalah Dokter FX Suharnadi dari RS Panti Rapih, Yogyakarta. Beliau adalah ahli penyakit dalam. Di dalam pembicaraan yang akan menjadi topik adalah soal aliran darah dalam tubuh orang. Hal ini dilandaskan pada pemahaman bahwa kesehatan seseorang ditentukan oleh lancar atau tidaknya aliran darah. Karena Novena Domus terutama diperuntukkan bagi kaum lanjut usia, topik ini dipandang menjadi amat penting. Kaum usia lanjut yang amat rentan dengan berbagai penyakit diajak mewaspadai hal-hal yang dapat menghambat kelancaran aliran darah. Judul pembicaraan dirumuskan dengan kata-kata "Ngati-ati ngadhepi rerendhet lancare getih" (Waspada terhadap penghambatan klancaran aliran darah).


Yang harus dicatat adalah jumlah peserta yang akan berkurang dibandingkan dengan yang biasanya terjadi. Hal ini terkait dengan masih maraknya suasana acara Paskah di paroki. Salah satu yang kini banyak terjadi adalah penyelenggaraan misa yang dikhususkan bagi kaum usia lanjut. Tidak sedikit paroki yang masih menambahkan penerimaan Sakramen Perminyakan dalam acara itu yang tentu saja juga ada sajian konsumsi khusus. Dari kelompok-kelompok yang biasa ikut Novena Domus ada yang berpamitan atau mengurangi jumlah yang sudah didaftarkan karena adanya acara untuk kaum lanjut usia di parokinya. Yang menyatakan tidak ikut adalah kelompok dari Paroki Kebonarum dan Paroki Ignatius Magelang. Sedang yang mengurangi peserta sebanyak 27 orang adalah Paroki Pringwulung. Sementara itu salah satu Lingkungan dari Paroki Klaten berpamitan karena ada rekoleksi untuk kaum lanjut usia yang dipimpin oleh rama paroki. Meskipun demikian yang menyatakan akan hadir dalam Novena Domus masih lebih dari 300 orang. Matrik di bawah ini menunjukkan jumlah pendaftar calon peserta Novena Domus 8 April 2018.
ASAL PESERTA
JUMLAH
RAYON KOTA KEVIKEPAN DIY
  130 ORANG
01.  Paroki Pringwulung
48 orang
02.  Paroki Kotabaru, Lingkungan Sendowo
4 orang
03.  Paroki Administratif Pringgolayan
45 orang
04.  Paroki Pugeran
10 orang
05.  Paroki Bintaran, Lingkungan Nicolas
13 orang
06.  Paroki Kidul Loji
1 orang
07.  Paroki Baciro
9 orang
RAYON SLEMAN KEVIKEPAN DIY
 54 ORANG
08.  Paroki Minomartani
5 orang
09.  Paroki Banteng
 1 orang
10.  Paroki Babadan
5 orang
11.  Paroki Medari
24 orang
12.  Paroki Kalasan
8 orang
13.  Paroki Mlati
9 orang
14.  Paroki Gamping
2 orang
LAIN-LAIN KEVIKEPAN DIY
     4 ORANG
15.  Paroki Ganjuran
4 orang
KEVIKEPAN SURAKARTA
  165 ORANG
16.  Paroki Klaten
145 orang
17.  Paroki Gondang
20 orang
JUMLAH
353 orang

0 comments:

Post a Comment