Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, February 17, 2018

Lamunan Pekan I Prapaskah

Minggu, 18 Februari 2018

Markus 1:12-15

1:12 Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun.
1:13 Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.
1:14. Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
1:15 kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di dalam hidup beragama ada bulan tertentu yang dijadikan masa puasa. Agama mengatur pelaksanaan untuk pantang dan matiraga.
  • Tampaknya, di dalam hidup beragama ada berbagai kegiatan diadakan untuk pelaksanaan bulan puasa. Biasanya dalam masa puasa ada kegiatan-kegiatan memperbanyak doa, memperdalam keagamaan, mengurangi makan minum, dan berdana.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, segiat apapun orang menjalani apa yang diperintahkan oleh agama dalam masa puasa, orang belum sungguh menjalani puasa sejati kalau yang dilakukan tidak menjadi sarana pelatihan dan pengembangan serta pembaruan diri untuk kewaspadaan mengawasi keinginan-keinginan mana yang berasal dari nafsu yang merusak dan mana yang berasal dari daya yang menjaga keluhuran hidup. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengasah diri untuk biasa memiliki kesadaran batin.
Ah, yang namanya puasa itu ya tidak makan dan tidak minum.

0 comments:

Post a Comment