Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 24, 2019

Lamunan Pekan Paskah V

Sabtu, 25 Mei 2019

Yohanes 15:18-21

15:18. "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
15:20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.
15:21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit yang beranggapan bahwa kalau baik hidupnya orang akan disukai oleh orang lain. Kebaikan selalu berbuah kelancaran.
  • Tampaknya, tidak sedikit yang beranggapan bahwa kalau baik hidupnya orang mudah diterima oleh orang lain. Kebaikan selalu menciptakan kesukaan bagi banyak orang.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam hidupnya bergelimang berbagai macam kebaikan dan pengabdian bagi banyak orang,  tetapi di hadapan orang-orang yang dikuasai nafsu maunya sendiri, makin baik seseorang makin dibencilah dia. Dalam yang ilahikarena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa segala perjuangan baik adalah jalan derita sebagai bukti kesungguhan kebaikan demi kebaikan umum.
Ah, kalau nyatanya banyak mendapat tentangan, mengapa harus berbaikan dengan orang lain?

0 comments:

Post a Comment