Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, May 18, 2019

Santo Paus Yohanes I

diambil dari katakombe.org/para-kudus Hits: 2310 Diterbitkan: 17 Agustus 2013 Diperbaharui: 31 Mei 2014

  • Perayaan
    18 Mei
  • Lahir
    Tidak diketahui
  • Kota asal
    Populonia, Tuscany, Italia
  • Wafat
    18 Mei 526 | Martir. Dibiarkan kelaparan dan kehausan dalam penjara sampai mati
  • Kanonisasi
    Pre-Congregation Sumber : Katakombe.Org

Yohanes I paus kita yang ke-53. Ia terpilih menjadi paus menggantikan Paus St. Hormisdas yang wafat pada tahun 523. Yohanes sudah berusia sangat tua dan renta saat terpilih menjadi paus.
Pada masa itu, penguasa Italia adalah Kaisar Theodoric Agung dari Ostrogotik. Kaisar ini adalah pengikut bidaah Arian yang menyangkal bahwa Yesus adalah Tuhan. Pada awal kekuasaannya Theodoric tidak mengusik orang-orang Katolik. Tetapi, kemudian ia berubah dan menjadi sombong serta penuh curiga terhadap setiap orang. Ia membayangkan adanya suatu persekongkolan melawan dirinya. Tak lama berselang, ia mengalami phobia dan menjadi percaya bahwa seluruh dunia sedang berusaha merebut tahta dan kekuasaannya. Satu-satunya orang yang hampir pasti tak menginginkan tahta maupun kekuasaannya adalah paus. 
Tanpa menghiraukan protes paus Yohanes I, Theodoric mengutus Paus memimpin suatu delegasi ke Konstantinopel untuk melunakkan Dekrit kaisar Yustinus I yang sangat menekan kaum Arian.  Theodoric mengancam bahwa jika Paus gagal dalam misi ini, ia akan bertindak sangat keras terhadap orang Katolik. Kaisar Yustinus I menyambut Paus berserta pengikutnya dengan gembira. Yustinus I dengan senang hati bersedia mengubah kebijakannya yang keras. Misi Paus Yohanes berhasil gemilang. Namun demikian, kesuksesan misi itu justru membuat Kaisar Theodoric merasa curiga. Ia membayangkan bahwa Paus Yohanes dan Kaisar Yustinus sedang bersekongkol untuk melawannya.
Dalam perjalanan kembali ke Roma Paus Yohannes I  diculik dan dilemparkan ke dalam penjara oleh para prajurit Theodoric. Paus yang sudah berusia lanjut ini kemudian wafat akibat kehausan dan kelaparan didalam penjara pada tahun 526.
 Sumber : Katakombe.Org

0 comments:

Post a Comment