Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 3, 2019

Santo Yakobus Rasul

diambildari katakombe.org/para-kudus Hits: 8810 Diterbitkan: 13 Agustus 2013 Diperbaharui: 15 Desember 2016

  • Perayaan
    03 Mei
  • Lahir
    Hidup abad pertama
  • Kota asal
    Galilea - Israel
  • Wilayah karya
    Yerusalem - Israel
  • Wafat
    Tahun 62 di Yerusalem - Martir. Dilemparkan dari puncak Bait Allah, lalu dilempari batu dan dipukuli dengan pentungan, Ia terus berdoa bagi para penyerang nya sampai nafas terakhirnya.
  • Kanonisasi
    Pre-Congregation Sumber : Katakombe.Org

Yakobus adalah putera Alfeus dan saudara sepupu Yesus. Ia disebut juga  “Yakobus Muda,” karena ia lebih muda dari seorang rasul lainnya yang juga bernama Yakobus.

Setelah Yesus naik ke surga; Yakobus ditunjuk sebagai pemimpin Jemaat di Yerusalem (Uskup pertama Yerusalem). Sementara para rasul yang lain mulai menyebar dan berkarya di tempat-tempat yang jauh, Yakobus tetap tinggal dan menggembalakan jemaat Kristen Perdana di Yerusalem.  Umat sangat menghormatinya dan memberinya julukan “Yakobus si Adil,” dan “Yakobus yang Kudus.”

Pada Konsili Pertama di Yerusalem (Kis 15 ) Yakobus mendukung Petrus, Paulus dan Barnabas yang menghendaki agar orang  bukan Yahudi yang bertobat tidak harus mematuhi semua hukum agama Yahudi. (Kis 15:13-21). 

Yakobus adalah seorang pria yang jujur dan adil. Ia dikenal karena kehidupan doanya yang kudus. Dia dilaporkan telah menghabiskan begitu banyak waktu  untuk berlutut dan berdoa hingga lututnya menjadi tebal, dan tampak seperti kulit unta.  Ia juga lemah lembut dan pemaaf. Terus-menerus ia memohon kepada Tuhan untuk mengampuni mereka yang menganiaya para pengikut Kristus. Bahkan ketika para penganiaya umat Kristen menjatuhkan hukuman mati atasnya, Yakobus memohonkan ampun bagi mereka kepada Tuhan.

Menurut tradisi,  St.Yakobus Rasul wafat sebagai martir pada tahun 62.
 Sumber : Katakombe.Org

0 comments:

Post a Comment