Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, August 1, 2013

Lamunan Pekan Biasa XVII

Jumat, 2 Agustus 2013

Matius, 13:54-58

13:54 Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?
13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
13:56 Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?"
13:57 Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."
13:58 Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, orang yang mampu memiliki harga diri adalah yang dapat bangga terhadap segala kebaikan yang berasal kerjanya sendiri sehingga tak akan jadi peminta-minta. Sebagai masyarakat dia akan menghargai prestasi daerah dan atau negaranya sehingga tidak akan terlalu menggantungkan diri pada produksi luar.
  • Katanya, orang akan bangga pula bila memiliki orang daerahnya menjadi masyhur dan mampu membuat berbagai prestrasi yang dibutuhkan bagi banyak orang. Orang akan memuja-muja seakan ikut menjadi masyhur karena memiliki kesamaan asal.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa orang yang kehebatannya karena hidupnya dikuasai oleh jiwa kebenaran dan kritis terhadap kelemahan umum akan mengalami berbagai tantangan dan hambatan. Karena kesatuannya dengan yang ilahi orang seperti itu justru akan ditolak oleh orang-orang yang tahu asal muasalnya.
Baguuuuus . . . Orang seperti itu memang suka cerewet.

0 comments:

Post a Comment