Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, August 27, 2013

Lamunan Pesta Wajib


Santo Agustinus, Uskup dan Pujangga Gereja
Rabu, 28 Agustus 2013

Matius 23:27-32

23:27 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.
23:28 Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.
23:29 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu membangun makam nabi-nabi dan memperindah tugu orang-orang saleh
23:30 dan berkata: Jika kami hidup di zaman nenek moyang kita, tentulah kami tidak ikut dengan mereka dalam pembunuhan nabi-nabi itu.
23:31 Tetapi dengan demikian kamu bersaksi terhadap diri kamu sendiri, bahwa kamu adalah keturunan pembunuh nabi-nabi itu.
23:32 Jadi, penuhilah juga takaran nenek moyangmu!


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pemahaman ajaran agama dan praktek berbagai tradisi agama banyak dianggap sebagai tolok ukur keutamaan dan keluhuran budi seseorang. Para ahli ilmu agama dan juga penggerak dan pengurus tata upacara keagamaan memiliki status sebagai penjaga kebaikan dan kebenaran.
  • Tampaknya, para ahli agama dan penggerak/pengurus tata cara keagamaan yang amat taat pada warisan rumusan-rumusan ajaran dan upacara akan teliti mengawasi orang-orang yang terlibat dalam pengajaran dan peribadatan. Mereka akan menilai baik-buruk orang dari apa yang dikatakan dan yang dilakukan dalam ibadat serta mengutuk apa saja yang jahat termasuk yang terjadi di masa silam.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa yang terlalu menjaga penampilan lahiriah untuk mendapatkan citra baik tanpa menjaga diri untuk bersikap dan bertindak baik termasuk golongan kaum munafik karena kebaikannya hanya sebuah permainan sandiwara. Dalam yang ilahi yang biasa dalam kepura-puraan lahiriah sebenarnya hidup celaka penuh was-was dan derita batin.
Ah, jaman sekarang yang celaka justru yang polos.

0 comments:

Post a Comment