Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, July 3, 2014

Lamunan Pekan Biasa XIII


Jumat, 4 Juli 2014

Matius 9:9-13

9:9 Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.
9:10 Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.
9:11 Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"
9:12 Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.
9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di dalam hidup beragama ada semacam gambaran tentang dua dunia, yaitu dunia kebaikan dan dunia kejahatan. Seperti dalam pergelaran wayang dari seni Jawa tradisional, ada dunia kanan (kebaikan) dan dunia kiri (kejahatan).
  • Tampaknya, di dalam ajaran moral orang mempertentangkan yang baik dan yang jahat. Yang jahat selalu mengancam yang baik sehingga keduanya tidak dapat hidup bersama dan yang baik harus selalu menyingkiri bahkan memerangi yang jahat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian hidup yang buruk bahkan jahat adalah lahan panggilan hidup dari yang baik untuk menjalani karya hariannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu akan melaksanakan amanat kepedulian yang muncul dari kedalaman batinnya dalam menjalani berbagai tatanan kehidupan.
Ah, yang jahat ya tetap jahat dan selalu merugikan kehidupan.

0 comments:

Post a Comment