Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, July 27, 2014

Lamunan Pekan Biasa XVII



Senin, 28 Juli 2014

Matius 13:31-35

13:31 Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya.
13:32 Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya.”
13:33 Dan Ia menceriterakan perumpamaan ini juga kepada mereka: “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya.”
13:34 Semuanya itu disampaikan Yesus kepada orang banyak dalam perumpamaan, dan tanpa perumpamaan suatu pun tidak disampaikan-Nya kepada mereka,
13:35 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: “Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi sejak dunia dijadikan.”

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang pada umumnya akan bangga dengan keunggulan dan atau bakat khususnya. Dengan keunggulan ini orang dapat menjadi golongan terkenal dan masuk golongan yang diperhitungkan.
  • Tampaknya, orang pun banyak yang menginginkan punya yang besar, hebat dan terkenal. Yang kecil dan remeh bahkan cacad menjadi hal yang tak masuk dalam hitungan karena hanya akan memerosotkan citra.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa justru dalam yang kecil dan remehlah tersembunyi kesejatian bibit unggul yang bila menjadi besar akan amat menyejahterakan banyak pihak. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari adanya nilai-nilai luhur dalam yang tampak kecil dan remeh.
Ah, yang berharga ya yang terkenal dong.

0 comments:

Post a Comment