Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, July 7, 2014

Lamunan Pekan Biasa XIV



Selasa, 8 Juli 2014

Matius 9:32-38

9:32 Sedang kedua orang buta itu keluar, dibawalah kepada Yesus seorang bisu yang kerasukan setan.
9:33 Dan setelah setan itu diusir, dapatlah orang bisu itu berkata-kata. Maka heranlah orang banyak, katanya: "Yang demikian belum pernah dilihat orang di Israel."
9:34 Tetapi orang Farisi berkata: "Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan."
9:35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
9:36 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.
9:37 Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.
9:38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang kalau sudah tidak suka terhadap seseorang, dia sudah dikuasai oleh perasaan dan pikiran negatif terhadap yang tidak disukai. Dia amat kreatif menemukan kekurangan dari apapun yang dibuat oleh yang tak disukai.
  • Tampaknya, orang kalau sudah membenci dan memusuhi orang lain, perbuatan baik yang dibenci dan dimusuhi dihadapannya adalah kejahatan. Suasana bermusuhan menjadikan orang mengalami kegelapan hati sehingga lebih mudah menemukan keburukan dari pada kebaikan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sehebat apapun pengalaman seseorang dimusuhi oleh orang lain, apabila hidup dan perbuatannya membawa kebaikan dia tetap dikagumi oleh banyak orang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan terganggu oleh sikap memusuhi karena kedalaman batinnya dikuasai oleh sikap belas kasih.
Ah, musuh harus ditangkal karena dapat mengganggu karier.

0 comments:

Post a Comment