Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, July 31, 2014

Sabda Hidup

Jumat, 01 Agustus 2014
Peringatan Wajib St. Alfonsus Maria de Liguori
warna liturgi Putih
Bacaan:
Yer. 26:1-9; Mzm. 69:5,8-10,14; Mat. 13:54-58. atau dr RUybs. BcO Ayb. 40:6-24; 42:1-6

Matius 13:54-58:
54 Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? 55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? 56 Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?" 57 Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya." 58 Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

Renungan:
Akhir-akhir ini kita mendengar berita miris yang menimpa jemaat Katolik di Irak. Mereka ditolak di tanah kelahirannya oleh kelompok tertentu karena mengimani Kristus. Bahkan tidak sedikit yang dibunuh dengan keji. Suasana makin hari makin panas dan getir bagi umat di sana. Walau kejadian itu sudah begitu mengerikan tidak menjadi bahasan berita di negara kita ini. Tidak banyak pula negara-negara yang tergerak untuk menolong para korban.
Ditolak sebagai pendatang akan terasa ringan dibanding ditolak di negeri sendiri hanya karena perbedaan keyakinan. Saudara dijadikan musuh bahkan seakan tidak lebih bernilai dibandingkan binatang.
Yesus pun ditolak di kampungNya sendiri. Saudara-saudara dan tetanggaNya pun hendak menghukumNya. Ia menyadari ketidaksukaan mereka, maka Ia pun berkendak menyingkir dari mereka. Belajar dari Yesus tampak bahwa hidup itu mesti mempunyai keberanian menghadapi resiko namun kadang kita tidak perlu memaksa diri untuk tinggal di area bahaya tersebut. Kita panjatkan doa bagi mereka yang jadi korban penolan dan penganiayaan.

Kontemplasi:
Pejamkan matamu sejenak. Bayangkan penolakan-penolakan yang diterima para pengikut Kristus. Panjatkan doa perlindungan pada Yesus untuk mereka.

Refleksi:
Tulislah pengalamanmu ketika ditolak. Apa yang kaulakukan kala ditolak dan untuk tanggapi mereka yang menolak?

Doa:
Ya Yesus semoga ada banyak jalan keselamatan bagi putera-puteriMu yang ditokak dan disingkirkan dari negerinya sendiri.. Amin.

Perutusan:
Aku akan berdoa untuk saudara-saudari yang ditolak di negerinya sendiri.

0 comments:

Post a Comment