Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, July 15, 2014

Lamunan Pekan Biasa XV


 
Rabu, 16 Juli 2014

Matius 11:25-27

11:25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.
11:26 Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.
11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, di dalam masyarakat ada golongan kaum kecil, yaitu mereka yang dalam mencukupi kebutuhan hidupnya dengan bekerja keras karena tak berpengetahuan. Mereka adalah golongan yang harus selalu bersusah payah yang pengetahuan hidupnya tergantung pada para pembesar pemegang kebijakan sosial yang berasal dari kaum cendekia dan kaya.
  • Katanya, kaum cendekia dalam masyarakat adalah mereka yang memiliki pengetahuan luas sehingga pengamatannya biasa dijadikan acuan untuk kepentingan umum. Kaum cendekia adalah orang-orang yang menguasai berbagai pengertian yang jauh dari jangkauan kaum kecil.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian pengetahuan sebenarnya berada di dalam dunia kehidupan sehari-hari sehingga jauh dari jangkauan kaum cendekia yang mengandalkan pemahamannya pada ilmu-ilmu lampau yang pernah dipelajari dan mudah ditangkap oleh kaum kecil yang susah payahnya melekat pada hidup harian. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menjadi milik dari sumber berbagai pemahaman hidup karena selalu mendengar suara batin dalam hidup hariannya.
Ah, mana mungkin orang miskin dapat belajar baik?

0 comments:

Post a Comment