Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, July 23, 2014

Lamunan Pekan Biasa XVI


Kamis, 24 Juli 2014

Matius 13:10-17

13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”
13:11 Jawab Yesus: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
13:13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.
13:14 Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.
13:15 Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.
13:16 Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.
13:17 Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit orang yang memiliki pemahaman dan menyakininya menjadi orang yang sungguh-sungguh memiliki kepercayaan diri yang kuat. Orang yang percaya diri akan disebut hebat kalau dapat teguh berhadapan dengan aneka pemahaman lain.
  • Tampaknya, di era global yang penuh dengan amat banyak tawaran, orang dituntut memiliki sikap pribadi yang jelas dan tegas. Orang pun akan jadi hebat kalau dapat memiliki  bahkan mencipta sendiri pandangan hidup.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata kesejatian kepercayaan diri justru terletak pada kesadaran bahwa yang dimiliki itulah adalah modal untuk mengembangkan kemampuan terbuka pada pengembangan dari pemahaman lain yang dijumpainya. Karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sungguh akan mudah maju dan berkembangan karena kemampuannya bergaul batin dengan berbagai kebaikan yang muncul dari luar dirinya.
Ah, yang hebat itu ya yang lebih banyak memberi daripada menerima.

0 comments:

Post a Comment