Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, July 7, 2019

Beato Paus Benediktus XI

diambil dari katakombe.org/para-kudus Hits: 3472 Diterbitkan: 09 Jun 2014 Diperbaharui: 11 April 2017

  • Perayaan
    07 Juli
  • Lahir
    Tahun 1240
  • Kota asal
    Treviso, Italy
  • Wafat
    7 Juli 1304 di Perugia, Italia - Dicurigai meninggal akibat diracun
  • Beatifikasi
    Tahun 1773 oleh Paus KlemensXIV Sumber : Katakombe.Org

Beato Paus Benediktus XI adalah paus kita yang ke-194. Ia menjabat sebagai paus hanya selama sembilan bulan, sejak 22 Oktober 1303 sampai 7 juli 1304. Masa pengabdiannya yang singkat ini penuh dengan berbagai masalah akibat perseteruan antara pendahulunya, paus Bonifasius VIII, dengan Raja Philip IV dari Perancis beserta sekutu Raja, keluarga bangsawan Colonna dari Roma.
Niccola Boccasini lahir di Treviso Italia pada tahun 1240. Ia masuk Biara Dominikan pada tahun 1254. Tahun 1296 ia diangkat menjadi superior General Dominikan dan pada tahun 1298 ia diangkat oleh paus menjadi seorang pangeran Gereja atau Kardinal.  Kardinal Boccasini adalah salah satu dari dua kardinal yang berdiri dibelakang Paus Bonifasius VIII di istananya di Anagni, dekat kota Roma, ketika Paus meng-ekskominikasikan Raja Philip IV dari Perancis dan Keluarga Bangsawan Colonna di Roma. Keputusan berani ini diambil paus setelah pertentangan yang berlarut-larut  antara Raja dan paus yang dipicu oleh keinginan Raja Philip IV untuk menguasai harta kekayaan Gereja di Perancis.  Keluarga Colonna juga ikut terlibat dalam pertentangan ini dengan mendukung Raja Philip, karena mereka menganggap lembaga kepausan adalah ancaman dan halangan bagi kekuasaan mereka.
Keberanian paus Bonifasius VIII ini membuat ia lalu diserang dan ditangkap oleh para pendukung raja dan keluarga Colonna pada tanggal 7 September 1303. Para penyerang ini berusaha untuk menggulingkannya dari tahkta kepausan. Paus kemudian dapat dibebaskan oleh umat; namun beliau meninggal beberapa hari kemudian.
Setelah kematian Paus Bonifasius VII, Kardinal Niccola Boccasini kemudian dengan suara bulat terpilih sebagai paus yang baru dan ditahbiskan dengan nama Paus Benediktus XI pada tanggal 22 Oktober 1303. 
Paus Benediktus XI adalah seorang yang saleh, berhati lembut namun sangat tegas. Tak lama setelah pentahbisannya sabagai Paus, ibunya datang untuk menjenguknya. Petugas protokol menerima sang ibu dan mempersiapkannya untuk bertemu dengan Sri Paus dengan memakaikannya pakaian yang mahal seperti seorang wanita bangsawan. Tapi, ketika Paus kudus ini melihat ibunya datang dengan berpakaian mewah dan diiring oleh serombongan pelayan, ia menolak untuk mengenalinya, dan berkata : " Ibu saya hanyalah seorang tukang cuci yang miskin, bukan seorang puteri seperti ini".
Sang ibu lalu mengganti pakaian sutra yang mahal tersebut, dan kembali lagi dalam pakaian kasar para petani miskin seperti yang sehari-hari selalu dikenakannya. Ketika Benediktus melihatnya demikian, ia turun dari singgasananya untuk bertemu dengannya. Ia bersimpuh di kaki sang ibu  dan dengan penuh hormat dan kasih sayang ia melayani ibunya.
Terhadap masalah pertentangan antara Gereja dan Raja Philip IV yang diwarisinya dari paus pendahulunya;  Benediktus XI mengambil langkah yang lebih persuasif namun tetap tegas dan prinsipil. Ia mencabut hukuman ekskomunikasi dan memberi pengampunan kepada Raja Philip; dan ia memulihkan nama baik Keluarga Colonna. Namun ia tidak mencabut hukuman ekskomunikasi kepada mereka yang terlibat langsung dalam penyerangan dan tindakan kekerasan terhadap Paus Bonifasius VIII. Ia menolak untuk mengampuni Sciarra Colonna, orang yang memimpin penyerangan terhadap paus Bonifasius VIII, dan juga Guillaume de Nogaret, penasihat Raja Philip, yang pernah mengecam Paus Bonifasius. 
Namun kemurahan  hati Sri Paus sama sekali tidak menyentuh hati Philip. Ia terus saja menunjukkan sikap anti paus dan tetap menindas para pendukung paus. Sementara Paus Benediktus dengan hati lapang dan penuh kebapaan tetap memanggil Raja Phillip dengan panggilan “anakku yang terkasih”.
Paus Benediktus XI meninggal secara mendadak pada tanggal 7 Juli 1304. Banyak orang menduga bahwa Paus Kudus ini meninggal karena diracun oleh orang suruhan  Guillaume de Nogaret.
Ia dimakamkan di gereja Biara Dominikan di Perugia.
 Sumber : Katakombe.Org

0 comments:

Post a Comment