Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, July 26, 2019

Lamunan Pekan Biasa XVI

Sabtu, 27 Juli 2019

Matius 13:24-30

13:24. Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya.
13:25 Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi.
13:26 Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu.
13:27 Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu?
13:28 Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu?
13:29 Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu.
13:30 Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di dalam hidup beragama orang selalu ingin hidup baik dan benar. Agama memberikan perintah-perintah untuk menjalani hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan.
  • Tampaknya, di dalam hidup beragama orang selalu berjuang untuk menyingkirkan perilaku buruk dan jahat. Agama memberikan larangan-larangan menjalani hidup yang tak sesuai dengan kehendak Tuhan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun ingin selalu hidup baik dan benar serta membenci yang buruk dan jahat, orang akan sadar bahwa kedua perilaku itu adalah realitas kehidupan yang saling berhimpitan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tak akan berjuang untuk menekan dan menyingkirkan perbuatan buruk demi kebaikan tetapi terutama mengembangkan kesadaran mana baik dan mana buruk.
Ah, untuk suci orang tak boleh jatuh dalam dosa.

0 comments:

Post a Comment