Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, March 5, 2014

Lamunan Hari Sesudah Rabu Abu



Kamis, 6 Maret 2014

Lukas 9:22-25

9:22 Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."
9:23 Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.
9:24 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya.
9:25 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di era global orang hidup di tengah masyarakat yang diwarnai amat banyak kepentingan dimensi ekonomi model pasar bebas. Orang dapat menjajakan produksi barang dan atau jasa tidak hanya terbatas di lingkungannya tetapi dapat merambah masyarakat luas bahkan ke seantero jagat dengan adanya tekhologi informasi internat.
  • Tampaknya, model pasar bebas amat mempengaruhi sikap orang untuk memiliki jaringan hubungan seluas-luasnya. Orang berusaha mematut diri untuk membuat kemasan-kemasan hidup yang membuat sebanyak mungkin orang, terutama orang-orang kunci yang dapat mempengaruhi orang-orang sekitarnya, kagum dan sulit untuk mengesampingkan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sikap yang mementingkan kebaikan umum justru akan dapat mendatangkan penolakan bahkan usaha penyingkiran terutama dari tokoh-tokoh yang terancam kepentingannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan dapat memiliki rasa damai menghayati berbagai tantangan penolakan bahkan usaha pembasmian sebagai bagian perjuangan nilai-nilai hidup.
Ah, bagaimanapun orang harus menghindarkan diri dari berbagai konflik.

0 comments:

Post a Comment