Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, March 25, 2014

Lamunan Pekan Prapaskah III



Rabu, 26 Maret 2014

Matius 5:17-19

5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di dalam agama banyak hal mendapatkan kebakuan. Baik ajaran maupun tata cara baku berasal dari banyak praktek bagus yang mengandung nilai-nilai yang dihayati pada zaman lampau baik pada tahap-tahap pertama maupun pada perumusan perjalanan agama yang bersangkutan.
  • Tampaknya, berbagai hal baku dalam hidup keagamaan adalah pegangan dan tuntunan untuk hidup secara baik, benar, dan luhur. Segala pengubahan dan pengurangan apalagi penghapusan bisa mendapatkan penilaian sebagai penyesatan hidup keagamaan yang berbahaya bagi hidup penganutnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa yang paling pokok dalam penghayatan hidup keagamaan adalah merealisasi dalam tingkah laku sehari-hari nilai-nilai baik, benar, dan luhur yang diketemukan dalam ajaran dan tata cara keagamaan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan memperhatikan segala yang diatur dalam agama sekecil apapun karena harus mengamalkan segala amanat yang ada di dalamnya sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya setempat.
Ah, yang pokok jalani saja segala aturan dan tak perlu banyak pikiran apa di balik segalanya.

0 comments:

Post a Comment