Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, December 31, 2018

Lamunan Hari Raya

Santa Maria Bunda Allah
Selasa, 1 Januari 2019

Lukas 2:16-21

2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.
2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.
2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.
2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.
2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.
2:21. Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa secara biologis seseorang menjadi ibu karena pernah mengandung dan melahirkan bayi. Hubungan antara seorang perempuan dengan anaknya membuatnya menjadi ibu.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa secara sosiologis seseorang menjadi ibu karena bersuami atau sudah masuk usia tua. Status sebagai istri dan atau usia tua membuat orang mendapatkan sebutan ibu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dengan kedalaman batin, sekalipun sudah bersuami dan punya anak, seorang perempuan belum tentu menjadi ibu sejati, yaitu ibu kehidupan, kalau tidak biasa memasukkan peristiwa yang dihadapi ke dalam hati dan merenungkannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan sadar bahwa pengembangan hidupnya sebagai insan luhur harus dilandaskan pada keteladanan sosok yang terbiasa olah hati dalam hidup kesehariannya.
Ah, ibu itu ya perempuan yang melahirkan anak.

0 comments:

Post a Comment