Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, March 1, 2015

Lamunan Pekan Prapaskah II

Senin, 2 Maret 2015

Lukas 6:36-38

6:36 Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."
6:37. "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.
6:38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang disebut murah hati kalau tidak pelit. Dia suka memberi orang-orang yang berkebutuhan.
  • Tampaknya, orang yang murah hati banyak dipandang sebagai orang yang rela berkurban demi kesejahteraan orang lain. Kepada yang papa dan miskin dia akan memperjuangkan kebutuhan-kebutuhan dasarnya seperti sandang, pangan, papan dan beaya kesehatan bahkan pendidikan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian tindakan murah hati bukan terutama berkaitan dengan tindakan pemberian tetapi dengan perbuatan kepada orang lain sebagaimana gambaran kerinduan batinnya atas orang lain bertindak untuk dirinya sendiri. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan berbuat kebaikan kepada orang lain berdasarkan kebaikan yang diharapkan terjadi pada dirinya sendiri.
Ah, kalau masih berkekurangan ya tak usah membantu orang lain.

0 comments:

Post a Comment