Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, March 12, 2015

Manggis, Si Mungil Kaya Nutrisi

dari https://www.sahabatnestle.co.id diambil dari FB MERDEKA .com

Manggis merupakan buah asli Indonesia, yang sempat tergerus kehadirannya oleh buah-buah import yang membanjiri pasaran. Padahal, buah berkulit ungu ini digelari ratu buah-buahan karena nutrisinya yang tinggi dan rasanya yang manis cenderung asam ini. Kini, buah manggis kembali naik daun karena khasiatnya dipercaya mampu mencegah penyakit kanker.

Yuk, cek nutrisi apa saja yang terkandung dalam buah mungil ini.

Tinggi serat

Sedang menjalani diet? Buah manggis wajib dimasukkan dalam menu Anda sehari-hari. Selain rendah kalori, buah berdaging putih ini kaya serat yang bagus bagi saluran pencernaan. Bonusnya lagi, manggis tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol yang buruk bagi jantung.

Kaya vitamin C

Saat terjadi perubahan musim, biasanya tubuh gampang sekali terserang sakit flu. Mengonsumsi buah manggis secara rutin, memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. Sistem imunitas tubuh terhadap virus penyakit jadi meningkat dan terhindar dari sakit flu. Manggis juga tinggi kandungan antioksidan xanthones, yang ampuh melawan radikal bebas, sehingga dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.

Sumber vitamin B

Selain kaya vitamin C, buah manggis juga menjadi sumber vitamin B kompleks, seperti thiamin, niacin, dan folat. Ketiga vitamin tersebut membantu tubuh mencerna karbohidrat, protein, dan lemak. Folat juga dikenal penting bagi perkembangan janin dan regenerasi sel-sel tubuh.

Tinggi kandungan mineral

Dalam ukurannya yang kecil, buah manggis mengandung variasi mineral yang cukup banyak, misalnya zat besi, mangan, magnesium, dan potasium. Zat-zat tersebut membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, sehingga mencegah tubuh mengalami stroke dan jantung koroner.
Selain enak dimakan langsung, dagingnya yang manis dan berair juga cocok dinikmati dalam bentuk jus atau ditambahkan dalam salad buah favorit Anda. Pilihlah manggis yang berkulit mulus dan berwarna ungu muda, ini menandakan buah matang sepenuhnya. Kulitnya yang rusak membawa rasa pahit ke dalam dagingnya, sedangkan warna kulit buah yang ungu tua dan kering menandakan buah manggis sudah terlalu tua.

Nah, sudah tidak ragu lagi kan mengonsumsi buah manggis setiap hari. Segera masukkan buah ini dalam menu Anda sehari-hari ya Bu.

0 comments:

Post a Comment