Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, October 4, 2018

Lamunan Pekan Biasa XXVI

Jumat, 5 Oktober 2018

Lukas 10:13-16

10:13 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.
10:14 Akan tetapi pada waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
10:15 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati!
10:16 Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, karena sebagai makhluk sosial orang juga mendapat bentukan dari pergaulannya. Kelompok membentuk kepribadian seseorang.
  • Katanya, ada yang bilang bahwa baik atau buruk kelompok pergaulan akan mewarnai pribadi seseorang. Oleh karena itu orang harus mampu memilih kelompok agar masuk dalam hitungan baik.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun pergaulan dapat mempengaruhi kehidupan, baik  atau buruk pribadi seseorang tidak ditentukan oleh baik buruk kelompok pergaulannya tetapi oleh sikap batinnya mau mendengarkan suara nurani demi kebaikan umum atau tidak. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang meyakini bahwa suara nurani adalah patokan untuk menentukan baik atau buruknya kehidupan.
Ah, asal jadi kelompok sosial para pejuang kebaikan orang sudah ikut jadi baik.

0 comments:

Post a Comment