Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 8, 2018

Percikan Nas Selasa, 09 Oktober 2018

Dionisius, Yohanes Leonardus, Inosensius, Ludovikus Bertrandus, Antonius Patrizi
warna liturgi Hijau

Bacaan-bacaan:
Gal. 1:13-24; Mzm. 139:1-3,13-14ab,14c-15; Luk. 10:38-42. BcO Sir. 3:1-16

Nas Injil:
38 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. 39 Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, 40 sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku." 41 Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, 42 tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

Percikan Nas:
Sibuk melakukan suatu pekerjaan kiranya bukan hal yang negatif. Pada saat ada tamu sering kita pun sibuk mempersiapkan segala sesuatu. Tidak sedikit orang malah lupa menemani tamu karena sibuk mempersiapkan hidangan untuk sang tamu.
Marta sibuk melayani para tamu ketika Yesus datang berkunjung. Mungkin ia jadi jengkel kala melihat Maria malah duduk ngobrol bersama Yesus dan tidak membantu kesibukannya. Ia pun mengadu kepada Yesus. Bukan mendapat penbelaan tapi ia malah mendapat teguran dari Yesus.
Kiranya Yesus tidak sekedar menegur Marta yang sibuk. Ia juga menegur Marta yang tidak terima dengan sikap Maria. Dua hal yang menarik di sini. Pertama pilihan kala kita kedatangan tamu. Tamu datang itu untuk bertemu dengan kita. Tentu baik sibuk menyediakan hidangan. Namun kesibukan itu jangan sampai menghilangkan kesempatan berjumpa dengan sang tamu. Kedua ketika kita memilih sesuatu kita jangan jatuh iri dengan pilihan orang lain.

Doa:
Tuhan semoga di dalam kesibukanku aku tetap mempuntai waktu untuk berjumpa dengan-Mu. Semoga aku juga tidak iri dengan pilihan beda sesamaku. Amin.

Menyambut tamu

Oktober adalah Bulan Rosario
(goeng).

0 comments:

Post a Comment