Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 16, 2018

Percikan Nas Rabu, 17 Oktober 2018

Peringatan Wajib St. Ignatius dr Antiokhia
warna liturgi Merah

Bacaan-bacaan:
BcE Gal. 5:18-25; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Luk. 11:42-46; BcO Sir. 15:11-20

Nas Injil:
42 Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. 43 Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. 44 Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya." 45 Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu menjawab dan berkata kepada-Nya: "Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga." 46 Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

Percikan Nas:
Kadang-kadang kita merasa prihatin kala mendengar anak seorang tokoh melakukan sesuatu atau membuat pilihan tertentu yang tidak selaras dengan harapan banyak orang. Atau kita heran ada orang yang sangat aktif tapi sulit kalau harus bekerjasama dengan orang lain.
Tuhan memarahi orang Farisi, “Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan” (Luk 11:42). Tidak cukup hanya mengikuti aturan tanpa memperhatikan keadilan dan kasih.
Aktivitas yang kita libati tentu berarti. Namun kala beraktivitas kita pun perlu mengingat dan memperhatikan keluarga, teman, mekanisme, sistem dan tentunya keadilan dan kasih. Pelayanan di Gereja mesti menghidupkan keadilan dan kasih. Sehebat apapun karya yang kita buat kalau tidak ada keadilan dan kasih maka karya itu ompong.

Doa:
Tuhan semoga kami selalu memperhatikan keadilan dan kasih dalam pelayanan kami. Pelayanan kami bukan untuk kebesaran kami tapi untuk kemuliaan nama-Mu dan kesejahteraan umat-Mu. Amin.

Keadilan dan kasih

Oktober adalah Bulan Rosario
(goeng).

0 comments:

Post a Comment