Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 29, 2013

BERTUMBUH MELALUI KECEMASAN (Sajian 5)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Merasa Tidak Diterima

Tidak diterima adalah ketakutan anda yang terbesar. Itu terhubung dengan ketakutan akan kelahiran, ketakutan bahwa anda tidak diterima dalam kehidupan ini, serta ketakutan akan kematian, ketakutan bahwa anda tidak diterima dalam kehidupan sesudah ini. Itulah ketakutan yang tertanam dalam-dalam sehingga mungkin lebih baik jika anda tidak hidup.

Di sini anda menghadapi inti pertempuran spiritual. Apakah anda akan menyerah kepada kekuatan-kekuatan gelap yang berkata bahwa anda tidak diterima dalam kehidupan ini, ataukah anda dapat mempercayai suara Dia yang datang tidak untuk mengutuk tetapi untuk memerdekakan anda dari ketakutan? Anda harus memilih untuk hidup. Setiap saat anda harus memutuskan untuk mempercayai suara yang mengatakan "Aku mengasihimu. Aku menenun kamu dalam kandungan ibumu" (Mazmur 139:13).

Segala sesuatu yang dikatakan Yesus kepada anda dapat diringkas dalam kata-kata "Ketahuilah bahwa engkau diterima." Yesus menawarkan anda hidup-Nya sendiri yang paling intim dengan Bapa-Nya. Dia ingin anda mengetahui segala sesuatu yang diketahui-Nya dan segala sesuatu yang diperbuat-Nya. Dia ingin agar rumah-Nya menjadi rumah anda. Ya, Dia ingin mempersiapkan tempat bagi anda di rumah Bapa-Nya. Ingatlah selalu bahwa perasaan-perasaan tidak diterima anda tidak datang dari Allah serta perasaan-perasaan itu tidak mengungkapkan kebenaran. Pangeran Kegelapan ingin agar anda percaya bahwa hidup anda adalah suatu kesalahan dan bahwa tidak ada rumah bagi anda. Tetapi setiap kali anda membiarkan pikiran-pikiran ini mempengaruhi anda, anda berada di atas jalan penghancuran diri. Jadi anda harus selalu membuka topeng kebohongan itu dan berpikir, berbicara, dan bertindak sesuai dengan kebenaran bahwa anda benar-benar sangat diterima.
dari The Inner Voice of Love

0 comments:

Post a Comment