Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, October 19, 2013

MENGUSIR KEGELAPAN (Sajian 5)


Kolom "Pastoral Ketuaan" untuk beberapa hari ini akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Menua

Apakah menjadi tua itu suatu jalan menuju kegelapan atau jalan menuju terang? Tidak seorangpun bisa membuat proposal akhir, karena jawabannya hanya dapat dikemukakan dari pusat keberadaan kita. Tak seorang pun dapat memutuskan bagi orang lain bagaimana proses menjadi tuanya akan atau harus terjadi. Itulah kemuliaan dari laki-laki dan perempuan sehingga makna dari keberadaan mereka tidak terjangkau kuasa perhitungan dan perkiraan. Pada akhirnya hal itu hanya dapat ditemukan dan ditegaskan dalam kemerdekaan hati. Di sana kita mampu memutuskan antara pemisahan dan persatuan, antara kesepian dan harapan, antara kehilangan diri sendiri dan suatu visi penciptaan kembali yang baru. Setiap orang menjadi tua dan mati, namun pengetahuan ini tidak mempunyai arahan yang inheren. Ia dapat menjadi destruktif sekaligus kreatif, menindas sekaligus memerdekakan.

Apa yang seolah-olah menjadi periode kehidupan yang mengerikan, yang ditandai dengan ekskomunikasi dan penolakan, mungkin dapat berubah menjadi peluang yang paling menggembirakan. Tetapi siapakah orang yang akan memanggil para orang usia lanjut dari persembunyian mereka? Siapakah orangnya yang akan menghilangkan ketakutan mereka dan membimbing mereka ke luar dari kegelapan pemisahan, kesepian serta kehilangan diri sendiri, dan masuk ke dalam terang yang dipersiapkan sehingga semua bangsa melihatnya? Orang muda manakah yang mempunyai keberanian untuk maju ke depan dalam masyarakatnya dan mewartakan bahwa dengan mengasingkan orang-orang usia lanjut akan menghilangkan tradisi dan sederetan bencana akan terjadi? Ia itulah yang mempunyai perhatian. Melalui pemberian layanan rawat, penuaan dapat menjadi jalan menuju terang dan menawarkan harapan serta kehidupan baru.

dari Aging

0 comments:

Post a Comment