Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, October 18, 2013

MENGUSIR KEGELAPAN (Sajian 4)


Kolom "Pastoral Ketuaan" untuk beberapa hari ini akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Membiarkan Lepas


Melepaskan diri sering dipahami sebagai melepaskan sesuatu yang menarik. Tetapi kadangkala juga diperlukan melepaskan sesuatu yang memuakkan. Anda bisa saja terikat kepada kuasa gelap seperti kepahitan dan kebencian. Sepanjang anda mencari pembalasan, anda berpagut kepada masa lalu anda. Kadangkala sepertinya anda mungkin kehilangan diri anda bersamaan dengan balas dendam dan kebencian - sehingga anda berdiri di sana dengan tangan terkepal, tertutup bagi orang lain yang hendak menyembuhkan.
dari With Open Hands

Ke Arah Terang

..... Sebagai anak-anak kegelapan yang menguasai lewat ketakutan, cinta diri, kerakusan, dan kekuasaan, motivator besar kita adalah bertahan hidup dan memelihara diri sendiri. Tetapi sebagai anak-anak terang, yang tahu bahwa kasih yang sempurna mengusir segala ketakutan, maka dimungkinkan ungtuk memberikan semuanya yang kita punyai kepada orang lain. Sebagai anak-anak terang, kita mempersiapkan diri kita untuk menjadi martir yang sebenarnya: orang-orang yang memberi kesaksian dengan seluruh hidupnya kepada kasih Allah yang tak terbatas. Dengan demikian, memberikan semuanya menjadi memperoleh semuanya. Yesus menyatakan hal ini dengan jelas ketika Ia berkata: "Barangsiapa kehilangan nyawanya karena aku .... ia akan memperolehnya."
dari The Return of the Prodigal Son

Pertarungan Spiritual

Hidup dalam suatu komunitas tidak selalu menghilangkan kegelapan. Sebaliknyalah yang terjadi. Rupanya terang yang menarikku ke l'Arche juga membuatku sadar akan kegelapan dalam diriku. Kecemburuan, kemarahan, perasaan ditolak atau tidak diperhatikan, perasaan tidak benar-benar diterima - semuanya ini muncul dalam konteks suatu komunitas yang berupaya untuk hidup dalam pengampunan, rekonsiliasi, dan penyembuhan. Kehidupan komunitas telah membuka suatu pertarungan spiritual yang sebenarnya bagiku guna tetap bergerak maju ke arah terang, tepat ketika kegelapan itu begitu nyata.
dari The Return of the Prodigal Son

0 comments:

Post a Comment