Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, October 18, 2013

Lamunan Pesta


Santo Lukas, Penginjil
Jumat, 18 Oktober 2013

Lukas 10:1-9
10:1  Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.
10:2 Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.
10:3 Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.
10:4 Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapa pun selama dalam perjalanan.
10:5 Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini.
10:6 Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.
10:7 Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah.
10:8 Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu,
10:9 dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.


Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, tak sedikit program dan kegiatan sebelum dilaksanakan membutuhkan berbagai persiapan. Di dalam persiapan orang biasa membicarakan langkah-langkah perencanaan baik jangka panjang, jangka menengah, maupun jangka pendek.
  • Tampaknya, di dalam persiapan perencanaan kegiatan, orang biasa menghitung-hitung kebutuhan agar mudah dan lancar mencapai tujuan yang diidamkan dengan mencapai hasil yang diharapkan dalam setiap jangka tahap perencanaan. Mendapatkan dan mengumpulkan berbagai bekal dan fasilitas penunjang dapat menjadi hal yang didahulukan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa yang paling penting dalam setiap program dan kegiatan adalah pelatihan tenaga untuk bekerja bersama dengan model tim agar siap mengalami berbagai tantangan bahkan ancaman penolakan. Dalam yang ilahi segala bekal dan fasilitas sungguh tidak bermakna bila orang tidak mendasarkan diri pada olah damai ceria hati dalam segala kenyataan harian.
Ah, tanpa fasilitas memadahi mana mungkin ada kegiatan bermutu.

0 comments:

Post a Comment