Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 21, 2013

MENGUSIR KEGELAPAN (Sajian 7)


Kolom "Pastoral Ketuaan" untuk beberapa hari ini akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Peluang Untuk Mengasihi

Mungkin kita ingat akan beberapa kesempatan di dalam hidup kita di mana kita dapat menunjukkan kepada seseorang bahwa kita mencintai diri kita yang sejati: tidak hanya kesuksesan-kesuksesan besar kita tetapi juga kelemahan-kelemahan dan kesakitan-kesakitan kita, tidak hanya maksud-maksud kita yang baik tetapi juga alasan-alasan kita yang pahit, tidak hanya wajah kita yang bersinar-sinar tetapi juga bayang-bayang gelap kita. Butuh keberanian yang banyak, tetapi bisa saja hal itu membuka suatu cakrawala baru, suatu cara hidup yang baru. Terobosan melalui lingkaran yang tertutup ini, yang seringkali dijabarkan sebagai pengalaman pertobatan, bisa datang tiba-tiba dan tak diharapkan atau pelan-pelan dan bertahap. Orang dapat menyebut kita seorang idealis gila, pemimpi yang tidak realistis, orang romantis kelas wahid, namun hal itu tidaklah menyentuh sangat mendalam karena kita tahu dengan pasti bentuk baru yang tak pernah kita alami sebelum damai, pengampunan, keadilan dan kemerdekaan batin itu menjadi lebih dari sekadar kata-kata. Pertobatan adalah penemuan dari peluang untuk mengasihi.

dari Intimacy

0 comments:

Post a Comment