Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, October 30, 2013

BERTUMBUH MELALUI KECEMASAN (Sajian 6)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Bertempur Dengan Kekerasan

Perpindahan dari kekerasan menuju keramah-tamahan adalah suatu pergerakan yang menentukan relasi kita dengan orang lain. Kita mungkin tidak akan pernah bebas dari segala kekerasan kita, dan bahkan mungkin ada beberapa hari atau beberapa pekan di mana perasaan kekerasan mendominasi kehidupan emosional kita sampai ke tahap di mana hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah menjaga jarak, sedikit berbicara dengan orang lain dan tidak menulis surat-surat, kecuali kepada diri sendiri. Kadangkala peristiwa-peristiwa di dalam hidup kita menumbuhkan perasaan kepahitan, iri hati, kecurigaan, dan bahkan keinginan menuntut balas, yang membutuhkan waktu untuk penyembuhan. Adalah realistis untuk menyadari bahwa meski kita berharap untuk berpindah kepada keramah-tamahan, hidup itu terlalu kompleks untuk mengharap jalan satu arah. Tetapi jikalau kita sadar akan keramah-tamahan yang sudah kita nikmati dari orang lain serta bersyukur untuk beberapa saat di dalam mana kita dapat menciptakan ruang-ruang bagi kita sendiri, kita dapat menjadi lebih sensitif pada pergerakan batin kita dan mampu menegaskan suatu sikap terbuka terhadap  sesama manusia.
dari Reaching Out

0 comments:

Post a Comment