Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, October 9, 2013

Lamunan Pekan Biasa XXVII, 10 Oktober 13

Lamunan Pekan Biasa XXVII
Kamis, 10 Oktober 2013
Lukas 11:5-13

¤ Tampaknya, gambaran Tuhan yang Mahabesar dan Mahakuasa cukup dominan di kalangan orang beragama. Karena digambarkan sebagai kegiatan orang menghadap Tuhan, doa pun menjadi kegiatan yang diatur dengan tatanan prosedural seperti berhadapan dengan pejabat terbesar negara.

¤ Tampaknya, karena menjadi semacam tatanan upacara kenegaraan, orang tidak dapat berdoa seenaknya dengan caranya sendiri. Doa individual personal pun dianggap baik kalau menggunakan tata santun sehingga tersedia bentuk-bentuk tradisional dan buku-buku yang direstui oleh penguasa agama.

¤ Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa hubungan dengan Tuhan digambarkan seperti hidup dengan tetangga dan dengan orang serumah. Dalam yang ilahi orang dapat omong-omong spontan personal tentang kehidupan bahkan kebutuhan pribadi dan dari situ orang akan mendapatkan energi batin yang menjadi daya mahabesar untuk menjalani hidup kongkret.

Wah, gimana itu? Mintanya harta dan kedudukan kok malah hanya dapat semangat.

0 comments:

Post a Comment