Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, October 19, 2013

Lamunan Pekan Biasa XXIX


Minggu, 20 Oktober 2013

Lukas 18:1-8

18:1 Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu.
18:2 Kata-Nya: "Dalam sebuah kota ada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun.
18:3 Dan di kota itu ada seorang janda yang selalu datang kepada hakim itu dan berkata: Belalah hakku terhadap lawanku.
18:4 Beberapa waktu lamanya hakim itu menolak. Tetapi kemudian ia berkata dalam hatinya: Walaupun aku tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun,
18:5 namun karena janda ini menyusahkan aku, baiklah aku membenarkan dia, supaya jangan terus saja ia datang dan akhirnya menyerang aku."
18:6 Kata Tuhan: "Camkanlah apa yang dikatakan hakim yang lalim itu!
18:7 Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?
18:8 Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"


Butir-butir Permenungan
  • Katanya, doa adalah bagian integral dalam upacara-upacara keagamaan. Upacara keagamaan ditata secara baik dan benar agar umat dapat menyadari peran ilahi dalam kehidupan sehingga orang selalu mendapatkan landasan bersyukur dalam doa-doanya.
  • Katanya, untuk jaman kini tidak sedikit orang yang mulai terjerat oleh berbagai kebiasaan doa bersama dengan tata rumusannya. Ada yang merelakan diri masuk dalam jeratan dan ada yang tidak bahagia dan cari bebas, tetapi keduanya banyak yang susut dalam doa pribadi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa ketekunan doa pribadi tanpa kebosanan adalah keharusan jiwani bagi setiap orang. Dalam yang ilahi segala ketekunan doa selalu menghasilkan buah dan yang jadi tantangan adalah apakah dalam doa terdukung keterbukaan pada gema relung hati.
Ah, yang pokok doa yang baik itu adalah yang terkabul permohonannya.

0 comments:

Post a Comment