Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, February 3, 2017

Lamunan Pekan Biasa IV

Sabtu, 4 Februari 2017

Markus 6:30-34

6:30. Kemudian rasul-rasul itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan.
6:31 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat.
6:32 Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi.
6:33 Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka.
6:34 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, seorang yang aktif dalam kegiatan akan tekun berada dalam kebersamaan. Orang-orang akan menilai keaktivannya berdasarkan kemampuannya terlibat.
  • Tampaknya, seorang perjuang sosial akan banyak berada di antara banyak orang. Orang-orang akan menilai perjuangannya berdasarkan kemampuannya berkiprah dalam kebersamaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sebanyak apapun waktu berada dalam kebersamaan dengan banyak orang, orang yang sungguh aktif terlibat dalam perjuangan demi kebaikan umum juga akan mengutamakan saat teduh menyendiri untuk mengolah segalanya dalam dinamika batin. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghayati hubungan timbal balik antara kesibukan berkegiatan dan keheningan sendiri.
Ah, pada jaman kini yang pokok adalah hidup meraih uang sebanyak mungkin.

0 comments:

Post a Comment